Cara Mengetahui Si Kecil Alami Alergi atau Sakit Kulit yang Mudah

June 26, 2019 0 By eddye

Moms, Anda pastinya tidak mau kan terjadi apa – apa dengan si kecil? Makanya penting sekali bagi Anda untuk selalu memastikan si kecil agar senantiasa sehat. Misalnya saja dengan memperhatikan apapun yang masuk ke dalam tubuhnya. Alergi pada dasarnya menjadi salah satu masalah yang kerap sekali dialami oleh anak – anak.

Ya, meskipun hal ini tidak berbahaya tetapi untuk mengetahui apa yang dialami si kecil tersebut benar – benar alergi biasa, atau justru sakit kulit yang harus segera mendapat penanganan yang tepat dan cepat tentu bukan perkara yang mudah. Makanya melalui artikel ini akan kami informasikan kepada Anda tentang cara mengetahui si kecil alergi atau sakit kulit dengan mudah. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengetahui Si Kecil Alami Alergi atau Sakit Kulit yang Mudah

Perlu untuk diketahui bahwa alergi umumnya bersifat keturunan, jadi apabila salah satu dari orangtuanya memiliki riwayat alergi, maka kemungkinan besar anaknya akan mengalami masalah yang sama. Penyakit kulit yang diakibatkan oleh alergi ini biasanya muncul pada anak dengan alergi yang lain. Jadi, jika si kecil punya konjungtivitis alergi atau yang juga disebut dengan mata merah karena alergi, rhinitis alergi, alergi makanan, asma, atau yang lainnya, maka Anda bisa mencurigai bahwasannya kelainan kulit yang dialaminya tersebut adalah jenis alergi biasa.

Reaksi alergi yang erat kaitannya dengan alergen, yakni zat tertentu yang bisa memicu reaksi alergi. Tentu saja yang demikian ini berbeda – beda tiap orang sehingga alergi hanya akan muncul di situasi tertentu pastinya, contohnya saja pada saat si kecil terpapar bulu binatang tertentu atau debu. Reaksi alergi pada kulit anak yang paling umum adalah berama dermatitis atopi, atau juga disebut eksim. Biasanya reaksi alergi tersebut pertama kali muncul pada saat si kecil berusia dibawah 1 tahun. Ya, meskipun tidak menutup kemungkinan muncul di atas usia tesebut.

Gejala dari reaksi alergi yang akan dirasakan si kecil adalah gatal – gatal dan kemerahan di kulit. Sehingga yang demikian tersebut membuat si kecil lebih sering lagi menggaruk – garuk daerah dengan alergen. Di usia dibawah 1 tahun, kelainan muncul di bagian siku, lutut, kulit kepala, dan wajah, sementara itu di usia uang lebih tua lagi biasanya muncul di bagian lipatan siku dan lutut.

Selain hal tersebut juga ada kondisi lain yang sering sekali disalahartikan sebagai alergi, akan tetapi sebetulnya disebabkan karena iritasi. Misalnya saja iritasi yang diakibatkan kontak langsung dengan barang tertentu, seperti ruam pokok akibat kontak dengan pokok, atau biang keringat akibat mengeluarkan keringat yang berlebih. Lalu untuk kelainan kulit yang bukan disebabkan alergi maupun iritasi bentuknya ada banyak sekali macamnya. Tetapi demikian keduanya ternyata memiliki beberapa kesamaan, salah satunya adalah bahwa kondisi tersebut tidak menular.

Selain hal itu, baik itu alergi maupun iritasi biasanya tidak sebabkan gejala secara menyeluruh pada si kecil. Misalnya saja demam, hilangnya nafsu makan, lemas, atau diare. Jika si kecil ternyata memiliki gejala – gejala yang tak lazim tersebut, maka Anda patut mencurigai apa kondisi kulitnya disebabkan oleh penyakit kulit lain yang berbahaya, sehingga harus segera mendapat penanganan dokter. Tentu saja untuk dapat memastikan hal ini diperlukan beberapa pemeriksaan dengan dokter.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengetahui si kecil alami alergi atau sakit kulit yang mudah. Semoga bermanfaat.